SEKILAS INFO
: - Rabu, 29-06-2022
  • 1 tahun yang lalu / Saksikan Live Streaming di Youtube sekolah (SIT Ibnu Sina Makassar Official) dan Facebook Sekolah (SIT IBNU SINA Makassar) pada hari Sabtu tgl. 06 Februari 2021 Pkl. 09.00 WITA kegiatan TASMI’ Hafalan AL Qur’an Juz 30 oleh Ananda Muh. Aunur Rofiq Lil Firdaus, siswa kelas 3B
Bimtek Sekolah Ramah Anak (SRA)

Sabtu, 04 Desember 2021, Yayasan Amal Jariyah Ibnu Sina Makassar mengadakan kegiatan Bimtek SRA “Sekolah Ramah Anak” yang dilaksanakan di SIT Ibnu Sina Makassar Jln. Pongtiku No. 11. Bimtek Sekolah Ramah Anak  berlangsung satu hari, diikuti oleh orang tua siswa dan semua pihak yang tergolong sebagai pendidik dan tenaga kependidikan SIT Ibnu Sina Makassar.

Kegiatan Bimtek SRA “Sekolah Ramah Anak” dibuka oleh Ketua Yayasan Amal Jariyah Ibnu Sina Makassar (Dr. Irmawati Thahir, S.T., M.Pd.). Tujuan diadakannya kegiatan Bimtek SRA adalah agar sekolah mampu menerapkan Sekolah Ramah Anak.

Tentunya dalam hal ini yang paling utama diperhatikan adalah prinsip perlidungan anak seperti yang di sampaikan oleh pemateri Muslimin Hasbullah yaitu :

  1. Hak Tumbuh Kembang
  2. Kepentingan Terbaik Anak
  3. Non Driskiminasi
  4. Partisipasi Anak.
    Maka dari itu anak wajib mendapat perlindungan baik dari orang tua sebagai rumah utama dan dari sekolah sebagai rumah kedua. Nah sehingga sebagai orang tua di rumah maupun di sekolah kita diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak sehingga kedepan akan tercipta generasi Bangsa yang berpendidikan, berwawasan, dan memiliki rasa penuh kasih sayang terhadap sesama.

Dalam paparan pemateri  Muslimin Hasbullah selaku kepala UPTD PPA Layak Anak mengatakan kenapa harus ramah anak “Karena anak merupakan pondasi menjadi lebih baik untuk negara dan kota”. Berdasarkan UU no 23 tahun 2002   bahwa yang dikatakan anak adalah anak yg masih berusia  0 tahun (masih  dalam kandungan) sampai umur 18 tahun .
 
Di Zaman melenial banyak hal yang bisa dilakukan oleh anak dengan mudah sehingga menimbulkan  berbagai masalah yang dapat merugikan  anak tersebut. Jadi dengan demikian Bimtek SRA ini sangat penting dilakukan di Yayasan Amal Jariyah Ibnu Sina Makassar. Harapannya supaya para warga sekolah dan orang tua siswa mampu mendampingi siswa di sekolah maupun di rumah masing-masing. Karena warga sekolah khususnya guru merupakan ujung tombak untuk mengarahkan siswa ke hal yang lebih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR